Pages

Jenis Karangan

Rabu, 29 Mei 2013

     karangan itu ada karangan dalam bentuk NARASI, DESKRIPSI, ARGUMENTASI, EKSPOSISI dan PERSUASI.langsung saja kita baca catatan BOX'200 ini yuk Sobat.. !!!

1. NARASI atau CERITA
         Narasi adalah karangan yang berisi cerita atau peristiwa yang disusun berdasarkan uraian waktu.
    Ciri-ciri :
  • Ada tokoh (pelaku)
  • Ada jalan cerita (alur/plop)
  • Ada urutan waktu (kronologi)
    Contoh :
         Sudah enam kali matahari terbenam di balik bukit sejak suaminya pergi. Tiga hari yang lalu, seharusnya sudah tampak olehnya laki-laki itu menuruni jalan setapak di pinggang bukit. Tetapi sampai hari itu belum tampak juga, dan sebentar lagi akan ke-tujuh kalinya matahari menghilang di sana.
2. DESKRIPSI atau LUKISAN
         Deskripsi adalah karangan yang berisi lukisan atau penggambaran sesuatu sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan apa yang dilukiskan penulis.
    Ciri-ciri :
  • Pembaca seolah-olah ikut membaca, mendengar dan merasakan.
    Contoh :
         Rumah itu terletak di puncak sebuah bukit pada sebuah lembah.dari tempat itu pandangan dapat diarahkan ke aliran sungai yang berliku-liku, bukit-bukit batu, serta hamparan-hamparan tanaman jagung dan kacang yang selalu menjanjikan panen yang baik.


3. ARGUNENTASI atau PENDAPAT atau ALASAN
         Argumentasi/pendapat/alasan yaitu karangan yang berusha memberikan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat atau gagasan.
    Ciri-ciri :
  •  Berisi tentang pendapat atau alasan penulis (menyakinkan pembaca dengan alasan)
    Contoh :
         Saat ini sedikit sekali kalangan generasi muda yang dapat menarikan tarian tradisional daerahnya. Hal ini dikarenakan kian besar generasi muda umumnya lebih berminat terhadap kesenian yang berasal dari luar negeri. ini tentunya perlu mendapat perhatian yang serius.

4. EKSPOSISI atau PAPARAN
         Eksposisi yaitu karangan yang berisi memaparkan sesuatu dengan memberikan data atau keterangan sebagai penjelasan.
    Ciri-ciri :
  • Pembaca hanya mendapatkan informasi.
    Contoh :
         Peningkatan kesejahteraan ibu dan anak merupakan sasaran utama program puskesmas. sasaran ini diutamakan karena tingginya angka kematian pada ibu hamil, bayi, dan anak-anak di indonesia. berbagai faktor yang menyebabkan hal tersebut antara lain : ketitak tahuan masyarakat akan pentingnya kesehatan, pernikahan yang terlalu dini, kurangnya sarana dan prasarana terutama pada pedesaan.
5. PERSUASI atau BUJUKAN atau AJAKAN
         Persuasi yaitu karangan yang berusaha mempengaruhi pembaca dengan memberi alasan dan bukti agar pembaca mau melakukan tindakan seperti yang diinginkan penulis
    Ciri-ciri :
  • Bersifat membujuk atau mengajak.
    Contoh :
         Selokan ini sangat kotor. sampah-sampah berserakan di dalamnya. nyamuk-nyamuk sangat senang bersarang dan bertelur disini karena airnya tergenam. oleh karena itu, kita harus membersihkannya segera supaya airnta mengalir dengan lancar dan tidak sempat menggenang. Marilah segera kita bersihkan selokan ini !!!

     gimana sobat catatanya....
bermanfaatkan.... Walaupun tidak bermanfaat sih semoga aja bermanfaat..
Hahaha :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading